Mehter

Mungkin kalian masih asing jika mendengar kata "Mehter". Apa itu Mehter?

Mehter adalah marching band Kesultanan Turki Utsmaniyah (Ottoman). Marching Band ini adalah marching band yang tertua di dunia kemiliteran. Mehter dibentuk pada masa kekhalifahan Sultan Alladeen III yang memberikan hadiah berupa band kepada Oman Ghazi. Jadi, Mehter terbentuk sejak Kesultanan Utsmaniyah terbentuk. Para pemain instrumen di Mehter ini adalah pasukan khusus Kesultanan Ottoman yang bernama Janissary.  Instrumen-instrumennya antara lain:

  • Zurna : Alat musik berbentuk kerucut dan memiliki suara yang khas.
  • Boru : Alat musik ini bernama lain Trompet.
  • Nakkare : Bentuknya seperti rebana. terdapat sepasang. dimainkan dengan cara dipukul dengan tongkat.
  • Zil : Alat musik ini bernama lain Simbal.
  • Davul : Alat musik ini bernama lain Drum.
  • Kös : Alat musik ini bernama lain Timpani.
  • Çevgân : Alat musik ini berbentuk sebuah tongkat dengan bulan sabit di ujungnya. di bulan sabitnya terdapat lonceng kecil. dimainkan dengan cara disentakkan ke atas dan kebawah.
Mehter menjadi inspirasi bagi komponis besar dunia. Namun, Mehter menghilang bersamaan dengan runtuhnya Kesultanan Ottoman. Mehter resmi dibubarkan pada masa kekhalifahan Sultan Mahmud II (Mehmed II). Mehter dibubarkan bersamaan dengan dibubarkannya kesatuan Janissary. Namun kemudian pada tahun 1953, Mehter dibentuk lagi oleh Republik Turki yang dijadikan Marching Band resmi Angkatan Bersenjata Republik Turki. Mehter saat itu pertama kali tampil di Museum Militer di Istanbul. Saat itu Mehter tampil untuk memperingati jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Utsmaniyah pada jaman Sultan Muhammad Al-Fatih.

Komentar

Posting Komentar

Kirimkan komentar yang bermanfaat dan membangun. Jangan berkomentar yang bersifar rasis, provokasi dan tidak bertanggung jawab. Silahkan jika ingin mengopy. Selamat berkomentar

Postingan populer dari blog ini

Tata Hukum Menggunakan Gelar Kebangsawanan Jawa

Sejarah Singkat Kerajaan Keturunan Kartasura

Sejarah Singkat Gerakan 30 September 1965 / PKI