Tata Hukum Menggunakan Gelar Kebangsawanan Jawa

pasti dari kalian sudah tau apa itu gelar raden. tapi kalian belum tahu cara penurunan gelarnya. kita akan membahasnya disini.

Aturan untuk menurunkan gelar adalah:


  1. Gelar dapat diturunkan dari ayah yang memiliki gelar atau ibu yang memiliki gelar.
  2. Gelar dari ibu hanya dapat diturunkan jika ada alasan yang kuat. contoh: sang ibu merupakan keturunan dari Sultan Hamengku Buwono ke-V.
  3. Gelar diturunkan sesuai tingkatan keturunannya.
  4. Jika gelar selanjutnya tidak diturunkan oleh orang tua kepada semua anaknya, maka gelar tersebut dianggap HABIS.
  5. Jika habis, maka sang anak hanya mendapat gelar setara dengan rakyat biasa. 
  6. Gelar yang setara dengan rakyat biasa dapat dinaikkan derajatnya menjadi gelar yang lebih tinggi jika diberi gelar oleh orang tuanya.
Menurut Keraton, ada 3 jenis gelar, yaitu: Sentono Dalem, Abdi Dalem dan Kawulo Dalem. Sentono Dalem adalah gelar yang ditunjukkan untuk keluarga kerajaan. Abdi Dalem adalah gelar yang ditunjukkan untuk pegawai kerajaan dan Kawulo Dalem adalah gelar untuk seseorang yang berhubungan darah dengan keluarga kerajaan namun menetap dan membaur dengar rakyat.

Gelar-gelar yang dapat diturunkan oleh keturunan Sultan:

Laki-laki:

  1. Raden Mas (R.M.) diturunkan oleh keturunan berapapun asal berasal dari garis keturunan yang kuat. dapat juga digunakan untuk gelar Raden Bagus yang sudah menikah. contoh: Raden Mas Kertawijaya Hadiningrat
  2. Raden Bagus (R.B.) diturunkan oleh keturunan 8-berapapun. merupakan gelar seorang bangsawan muda. saat menikah dapat diganti menjadi Raden Bhei, Raden atau Raden Mas.contoh: Raden Bagus Siwoyo Wangunkarsa Hadiningrat
  3. Raden Behi atau Ngabehi atau Raden Hangabehi (R.Bh atau R.Ng) diturunkan oleh keturunan 8-berapapun. merupakan gelar seorang bangsawan tua. Raden Behi adalah gelar yang dipakai setelah Raden Bagus menikah. namun dapat juga diganti menjadi Raden atau Raden Mas. Untuk Raden Ngabehi, Raden Ngabehi bisa disebut sebagai gelar untuk Abdi nDalem. Namun, jika kita merupakan keturunan Raja dan seorang Abdi nDalem berpangkat Raden Ngabehi, maka gelar akan bertumpuk. contoh: Raden Behi Wartoseno Angkawijayasuta Hadiningrat dan Raden Mas Ngabehi Ronggo Wartoseno atau Raden Mas Hangabehi Ronggo Wartoseno
  4. Raden (R.) diturunkan oleh keturunan 8-berapapun. merupakan gelar seorang bangsawan tua. namun bisa juga dipakai saat masih muda. gelar ini bisa diganti dengan Raden Bhei atau Raden Mas. contoh: Raden Turmandoro Sabrang Bagus Hadiningrat
  5. Raden Panji (R.P.) diturunkan oleh keturunan 8-berapapun. merupakan gelar seorang bangsawan tua. saat sebelum menikah bernama Raden Aryo Panji. namun dapat dipakai sebelum menikah. contoh: Raden Panji Suroso Hadiningrat
  6. Raden Aryo Panji diturunkan oleh keturunan 8-berapapun. merupakan gelar seorang bangsawan muda. setelah menikah menjadi Raden Panji. contoh: Raden Aryo Panji Bratasena Danuwendra 
  7. Bagus/Aryo Bagus/Mas/Mas Anom diturunkan oleh keturunan 8-berapapun. dipakai oleh seorang keturunan yang tidak mendapat gelar atau gelar yang dimiliki habis. gelar habis jika sang orangtua tidak menurunkan gelarnya ke anaknya. contoh: Bagus Erlangga Bagaskara
Perempuan:

  1. Raden Ajeng (R.A.) atau Raden Ayu (R.Ay) diturunkan oleh keturunan 2-7 dari pihak kerajaan. namun dapat diturunkan kepada keturunan 8-berapapun asal berasal dari garis keturunan yang kuat. saat menikah dapat digunakan untuk Raden Roro setelah menikah. contoh: Raden Ayu Kartini
  2. Raden Roro atau Rara (R.R.) diturunkan oleh keturunan 8-berapapun. merupakan gelar yang digunakan oleh bangsawan perempuan muda sebelum menikah. setelah menikah dapat diganti menjadi Raden Ayu atau Raden Nganten. contoh: Raden Roro Sutji Dwi Astuti
  3. Raden Nganten (R.Ngt) diturunkan oleh keturunan 8-berapapun. merupakan gelar yang digunakan oleh bangsawati setelah menikah. gelar ini dapat diganti menjadi Raden Ayu. contoh: Raden Nganten Sekar Ayu Maharani
  4. Nimas/Dyah/Ayu diturunkan oleh keturunan 8-berapapun. dipakai oleh seorang keturunan yang tidak mendapat gelar atau gelar yang dimiliki habis. gelar habis jika sang orangtua tidak menurunkan gelarnya ke anaknya. contoh: Nimas Winda Namandari
catatan: untuk gelar yang terakhir, harus ditulis lengkap.

ada gelar-gelar untuk para Abdi nDalem menurut kepangkatannya. yaitu:

  • Kanjeng Pangeran Haryo (KPH)
  • Kanjeng Raden Haryo Tumenggung (KRHT)
  • Mas Raden Haryo Tumenggung (MRHT)
  • Kanjeng Raden Mas Tumenggung (KRMT)
  • Raden Mas Tumenggung (RMT)
  • Ki Tumenggung Adipati
  • Ki Ageng
  • Mas Tumenggung/Mas Adipati
  • Raden Ngabehi
  • Mas Ngabehi
  • Mas Bekel
  • Mas Ngebel
  • Kanjeng Mas Ayu Tumenggung (KMAT)
  • Kanjeng Mas Ayu
  • Mas Ayu
  • Nimas Ayu
  • Nyai Tumenggung
  • Nyai Ajeng
  • Nyai
Dan sesuai hukum Keraton, jika seorang Abdi Dalem menyandang gelar Kasultanan dan gelar Kapangkatan maka ditiban. contoh:
Kanjeng Pangeran Haryo Raden Mas Ismadi Soeraja
Ki Ageng Raden Bagus Gadar Milota
Kanjeng Raden Haryo Tumenggung Raden Behi Arif Darma

Komentar

  1. Apa yg membedakan antara keraton jogjaa dan keraton solo? Nama saya ada raden roro nya, ayah saya ada raden nya. Tapi saya gak tau keturunan dari keraton jogja, atau solo. Thx beforl

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas komentarnya dan maaf atas lamanya saya membalas komentar anda. pada hakikatnya, Keraton Ngayogyakarta dipimpin oleh Sri Sultan Hamengku Buwana dan Keraton Surakarta dipimpin oleh Susuhunan (Sunan) Pakubuwana. namun dalam hal gelar kebangsawanan, tidak memiliki perbedaan yang signifikan. perbedaannya adalah hanya pada Raden Panji yang hanya digunakan oleh bangsawan keraton surakarta. mungkin anda bisa datang ke Tepas Pracimosono di Keraton Ngayogyakarta untuk mendapatkan informasi mengenai keturunan keluarga anda.

      Hapus
    2. maaf mas...mautany.yg memberi gelar dan tanda tangan di surakarta terimaksih

      Hapus
    3. sya juga keturunan keraton solo dengan nama depan Rr tapi saya tdk begitu paham untuk silsilah, dulu kakek saya pernah menyampaikan tapi sepertinya hilang tapi dulu ketika saya kecil beberapa kali kami ada kumpulan trah keluarga di solo hanya setelah eyang meninggal kami tidak lgi ada kumpulan trah atau mungkin saya yg tdk tau karna saya ada di jogja. Nah apakah nanti saya dapat menurunkan nama Rr ke anak saya jika saya menikah dengan orang yg tdk meiliki garis keturunan keraton. apa akan habis di saya untuk gelar tsb?

      Hapus
  2. kalau ibu raden roro bapak tanpa gelar..anak laki - lakinya dapat gelar ndak mas..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tanyakan lebih jelas ke Keraton Kasunanan Surakarta boleh dan tidaknya anak tsb mendapat gelar.

      Hapus
  3. Terimakasih atas komentarnya dan maaf atas lamanya saya membalas komentar anda. sebenarnya bisa. namun sang bapak harus "diwisuda" terlebih dahulu oleh pihak Keraton. karena garis keturunan masyarakat jawa adalah garis ayah. jika sang ayah tidak memiliki gelar sebagaimana sang ibu, maka sang ayah harus "disetarakan". entah itu sang ayahnya yang diberikan gelar atau sang ibu yang gelarnya dicabut. namun jika gelar sang ibu dicabut, maka anaknya tidak akan mendapat gelar apapun. jika sang ayah yang "diwisuda" maka sang anak dapat menerima gelar. kurang lebih seperti itu.

    BalasHapus
  4. ayah saya ada gelar R nya. kakek saya juga ada R. kenapa saya tidak ya mas.. apakah saya bisa mengurus nya biar saya punya gelar R. dimana ngurusnya

    BalasHapus
  5. Adakah perbedaan tiingkat antara raden mas dengan rade ngabei? Dan apa bedanya dengan raden panji?... Kakek dari pihak ibu saya raden mas, sedangkan kakek dari jalur bapak saya raden panji... Adakah perbedaan signifikan dari kedua jenis raden tersebut?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas komentarnya dan maaf atas lamanya saya membalas komentar anda. Kalau dalam perbedaan antara Raden Mas dan Raden Panji hanya pada urutannya saja.

      Hapus
  6. Assalamuallaikum..sya punya uyut bernama raden mas cokro sentono,..uyut sya membawa 3 anak hijrah k sumatra,.2 laki 1 wanita,.anak2 nya bernama suparman,.supardi.yg wanita sya tdk tahu namanya,.menurt bukde2 sya,.bapak atau pun kakek nya sdh tdk pernah pulang k jawa,.dan tidak pernh memberi tahu asal usul dari jawa mana,.kakek sya jauh sebelum sya lahir Udh tiada ,.buede 2sya tdk mengenal siapa nenek merka,.sya cucu dari supardi,..kakek sya jaman dahulu nya bekerja sebagai kepala laboratorium di ppt 4,.perkebunan sumatra,.tembakau deli jaman belanda,.jadi sya ingin meminta bantuan adakah yang tau berdasarkan nama uyut sya raden cokro sentono,..mohon bantuanya terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo buyut saya Raden mas cokro siswoyo,sama2 cokro

      Hapus
  7. Terus terang sebenar nya sya tidak ingin mengungkit masalah yg ada,..tapi sya mendapat keris yg di luar nalar manusia biasa,..keris di dapat kan sm putra sya yg tua tepat di teras rumah sya,.bekas keris berasap,.kta anak sy beliau mengambilnya keris seperti terbakar warna hitam anak sy memberikan k sya keris berubah menjadi kuning emas,..keris itu kecil berkpala ular dan di badan keris bertuliskan arab gundul ,..tdk kau memoercayai tpi itu lah kenyataanya,..yg sya ketahui keris itu bukan kuningan melainkan berlapis emas,.gak tau arti soal keris karna sya lahir dan besar di sumatra bgitu jga dngn orang tua sya ,.sya menceritakan mungkin .bs menjadi petunjuk saja terima kasih..

    BalasHapus
  8. that was amazing

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum..dahulu uyut saya ada gelaran raden...tetapi tidak ada pada kakek saya..begitu juga pada ayah saya dan saya...jika nanti saya ada anak..bisa kah di letakkn nama anak tersebut dengan gelaran Raden...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas komentarnya dan maaf atas lamanya saya membalas komentar anda. Kemungkinan tidak bisa karena gelar Raden sudah terputus di buyut anda. namun, bisa saja jika anda menikah dengan Raden lainnya namun anda harus diwisuda oleh Keraton terlebih dulu

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Mohon mf... Mw bertanya,, sy nikah dgn suami sy yg tidak dtaruhkan gelar ,,, bapaknya jg tidak,,, pun buyutnya jg tidak... Pdhl mereka keturunan,,, akhirnya sy punya anak laki2 sy taruhkan gelar itu atas persetujuan keluarga suami... Yg sy tanyakan ap nntinya tidak jadi masalah y?

      Hapus
  10. bgemana to mas klo ortu x keturunan bangsawan trus punya anak dk di bri nama raden ato yg lain x, hanya menggunakan nama biasa aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas komentarnya dan maaf atas lamanya saya membalas komentar anda. Itu untuk jaman sekarang sudah biasa. Tapi gelar Raden sudah terputus di orang tuanya.

      Hapus
    2. Assalamualaikum.
      Kita mungkin ada talian persaudaraan.

      Sila email saya omarhardjo@gmail.com

      Hapus
  11. Assalammualaikum.. mas, saya mau nanya.. saya dari malaysia.. pengen skali mau tau perkara seperti diatas.. begini, kakek saya depan namanya ada raden.. bapaknya juga begitu.. nama kakek saya raden soemarmar, bapaknya raden mangundihardjo.. kakek saya setelah nikahi sama nenek saya orang malaysia, dia menetap di malaysia.. begini ya, jika kakek saya raden, ibu saya di namanya raden juga kan? Ibu saya nikahi bapak saya ngak punya gelaran.. disini saya sebagai anak harus juga punya raden atau ngak? Mohon mas balas saya punya komentar ini.. jika perlu email, email aja di shasha67@ymail.com.. saya pengen sekali tau, kerana punya masalah besar banget.. please ya mas yaaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam. Terimakasih atas komentarnya dan maaf atas lamanya saya membalas komentar anda. Ibu anda akan mendapatkan gelar Raden jika ibu anda diwisuda oleh Kraton sehingga ibu anda diakui sebagai Raden. keuntungannya, Gelar Bangsawan Jawa diturunkan dari pihak Ayah. sehingga anda bisa menggunakan gelar raden atas perijinan ayah anda dan Kraton sesuai dengan Paugeran yang berlaku.

      Hapus
    2. Assalamualaikum shasha67@ymail.com,

      Kita mungkin ada talian persaudaraan.

      Sila email saya omarhardjo@gmail.com.

      Maaf saya mahu reply di sini tapi tersilap reply di comentar di atas.

      Hapus
  12. Assalamualaikum.. Ysh. mas Susetio, sy mau bertanya, apabla saya memiliki gelar Raden dari keraton Jogja, saya juga memiliki serat kekancingan nya, apakah ada gelar yang bisa diurus untuk istri saya? terimakasih banyak

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum ..saya mau nnya..mengapa bapak saya ada gelar raden bagus ..sedangkan kakek saya ada gelar raden ..saya sndri brnama raden bagus ..mohon penjelasannya mas susetio dan dimana saya bisa mencari tau garis keturunan saya lebih jelas :D

    BalasHapus
  14. Mas mau tanya kalo mbah saya menyandang gelar raden ngabehi terus ayah saya tidak ada gelar tapi kalau di urus bisa nggk mas

    BalasHapus
  15. assalamualaikum. .
    mas, klo ibu saya keturunan keraton Surakarta tetepi ibu saya menikah dengan orang biasa / ayah saya ( kejawen) apakah saya dapat gelar Raden ya mas. .?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya tidak bisa turun ke anaknya kalo yang bawa gelar ibunya , kecuali dua² ada gelar misal ibu R.r dan ayah R itu bisa . Kalau salah mohon dikoreksi.

      Hapus
    2. Kalau boleh saya urun rembuk, jika ibu punya gelar darah keraton bapak tidak punya gelar darah keraton , maka jika anak mau di beri gelar maka gelar ibu harus rela di cabut dan di berikan kepada suaminya sebagai bapaknya anak itu melalui proses wisuda dalam keraton.

      Hapus
  16. Mas mau tanya kalo almarhum nenek dari ayah saya masih Ra.. Dari keraton solo.. Ayah saya sempet tinggal dikeraton waktu kecil nya.. Ayah saya tidak ada gelar saya juga tidak ada.. Apa bisa diurus.. Untuk gelar nama saya.. ?? Bagaimana prosedurnya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekedar info aja nih klu diurus ya bisa dengan menelusur nama keluarga yg memakai gelar dan mengurus di kraton

      Hapus
  17. nama Kakek saya yang dari ibu R. Rahmat Suro Atmodjo, Sedangkan Nenek Saya adalah R. Siti Marijam Sastrowidjojo. sedang dari bapak saya. kakek adalah KR. Djamaluddin Reksowidjojo dan nenek R. Haerati Surodiwiryo. namun gelar tersebut tidak dipasangkan kepada bapak dan ibu saya.... saya dari Sumenep-madura dan asli sumenep-madura. yang ingin saya tanyakan, apakah gelar-gelar tersebut ikut keraton solo ataupun jogjakarta??. ataukah dari mataram?. ataukah pemberian Jendral-jendral belanda??. dan apakah berlaku juga buat saya untuk gelar tersebut??. mengingat bapak dan ibu saya sudah tidak menggunakan gelar-gelar tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas, jika sampean punya putra/putri bisa dipasangkan R/RA nantinya

      Hapus
    2. Kadesnicis. Co
      Sama dengan kelg mertua saya.. Dri susunan trah yg saya baca.. Sepertinya papa ada darah madura.. Saya jg kurang faham.. Ada kog catatan susunan kelg beliau dr nenek buyut nya.. Saya kurang faham soal nya.. Apa anda dgn kelg mertua ada ikatan persaudaraan😊

      Hapus
  18. Assalammualaikum Mas...maaf bertanya..dlu pernh diceritakn salh silah keluarga mbak uyut saya...arwah adalh keturunan Raden dr jawa...uyut saya merantau ke Malaysia dan berkawin org sni...saya cuma ingin tahu apakh bezanya org berdarah Raden dgn org biasa..sya dapati seperti berdarah Raden ini agk istiwema dn dihormati..benarkah org yg berdarah Raden ini punya daulat yg tinggi..? maaf cuma ingin tahu.trima kaseh

    BalasHapus
  19. Assalammualaikum Mas...maaf bertanya..dlu pernh diceritakn salh silah keluarga mbak uyut saya...arwah adalh keturunan Raden dr jawa...uyut saya merantau ke Malaysia dan berkawin org sni...saya cuma ingin tahu apakh bezanya org berdarah Raden dgn org biasa..sya dapati seperti berdarah Raden ini agk istiwema dn dihormati..benarkah org yg berdarah Raden ini punya daulat yg tinggi..? maaf cuma ingin tahu.trima kaseh

    BalasHapus
  20. Hy mas prknlkn nm sy R.Dina sy ktrnn suku sunda,sy dpt glr R(raden) itu dr bpk sy,sy mau tanya apa bnr glr untuk permpuan di sunda yg mmlki glr RADEN tidak sm dgn ktrnn raden perempuan yg dijawa yg dblkng radennya ada glr yg lain cnthnya Raden roro dll?trs sy msh bngng dgn grs ktrnn para leluhur saya atau sy tdk tau siapa dan dri ktrnn mn gelar RADEN sy ni,sy prnh mndptkn sdkt ktrngn dr klrg sy tp tu malah buat sy bingung krn diantara mrk sll berbeda-beda memberikn ktrngnnya,contohnya antara jwbn dr bpk sy,kakak pertamanya dan abgnya no.3. Mnrt bpk sy kmi ni ktrnn dri krjaan pasundan,sdgkn kk pertamanya blng kmi ni sesungguhnya awal mulanya dari kerajaan mataram kuno tp kisahnya dah padam obor dan lain lg untk jwbn abgnya(beliau mngtkn bahwa kmi dari demak). Inilah yg buat sy bngng dan jjr ni membuat sy sedih dan malu bhkn sy mrsa tdk nyamn mnyandang gelar ni dkrnkn sy blm mndptkn jwbn yg psti dan akurat. Dan pertanyaan sy yg terakhr bgmn sy bs mnmkn slslh ktrnn sy?kpd siapa lg sy bs bertanya dan mncri jwbn yg lbh pasti akn siapa dan drmn para leluhur sy? Mhon bntuannya mas

    BalasHapus
  21. Dan apakh raden sy ni mmng bnr2 dari leluhur para raja(ktrnn dr para raja)atau apakah sbliknya glr sy ni ktrnn dr para abdi dalem ?

    BalasHapus
  22. Ayah kpd embah wedok namanyer raden wongso dkromo. Ini keturunan dr maner yer... saya dr malaysia

    BalasHapus
  23. Ayah kpd embah wedok namanyer raden wongso dkromo. Ini keturunan dr maner yer... saya dr malaysia

    BalasHapus
  24. Kalau ayah saya gelar nya R.Ng kemudian ibu saya RA brarti gelar saya apa mas?

    BalasHapus
  25. Kalau ayah saya gelar nya R.Ng kemudian ibu saya RA brarti gelar saya apa mas?

    BalasHapus
  26. Mau tanya, almarhum kakek saya begelar Raden, tapi anak2nya (ibu dan pakpoh saya) tidak menggunakan gelar tersebut, apakah saya masih bisa menggunakan gelar (R.R.) ??? Kakak kakek saya masih tinggal di Keraton Surakarta dengan gelar Raden Mas Tumenggung. Terimakasih.

    BalasHapus
  27. Tanya, kalau kakek saya bergelar raden dan nenek saya bergelar raden nganten. Sedangkan ayah saya tidak memiliki gelar, katanya memang dia tidak ingin memakainya. Tetapi nama saya diberi gelar Dyah, apakah itu untuk menutup gelar keturunan?

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Tanya, kalau kakek saya bergelar raden dan nenek saya bergelar raden nganten. Sedangkan ayah saya tidak memiliki gelar, katanya memang dia tidak ingin memakainya. Tetapi nama saya diberi gelar Dyah, apakah itu untuk menutup gelar keturunan?

    BalasHapus
  30. Tanya, kalau kakek saya bergelar raden dan nenek saya bergelar raden nganten. Sedangkan ayah saya tidak memiliki gelar, katanya memang dia tidak ingin memakainya. Tetapi nama saya diberi gelar Dyah, apakah itu untuk menutup gelar keturunan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klu setahu saya sih anda masih berhak memakai gelar RR walau ortu anda tidak ingin memakai gelar. sekedar info aja nih

      Hapus
  31. Jika keluarga ayah saya masih kuat dari garis kebangsawanan tapi ayah saya tidak memakaikan nama gelar karena tidak paham asal - usul asli dari kerajaaan mana itu bagaimana ya? Leluhur saya semua masih menggunakan nama gelarnya , apakah itu termasuk menutup gelar keturunan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klu setahu saya sih anda masih berhak memakai gelar RR walau ortu anda tidak ingin memakai gelar. sekedar info aja nih

      Hapus
  32. Mas..mau tanya..sy dicritain sm bapak saya kalau keluarga dr pihak bapak saya ada keturunan dari Raja Bima. Kakek buyut,kakek,& bapak saya ada gelar R nya.. saya pun diberi gelar Rr oleh bapak saya. Yang ingin saya tanya..dr keturunan Raja Bima itu berarti keluarga dr pihak bapak saya ada yang menikah dengan orang yang bergelar kebangsawanan Jawa ya? Trus kalau saya nikah apa wajib ganti gelar juga jadi Raden Nganten?

    BalasHapus
  33. moyang saya bernama raden darwina, tapi gelaran raden tak dibawa ke anak cucu..jadi saya diberi nama Ayu Adwina .. ade masalah gak? jadinya gimana..sedang sepupuku tidak ada nama Ayu

    BalasHapus
  34. Mas....mau tanya, ada saya mencari silsilah keturunan Tumenggung Honggowongso dari Keraton Surakarta. Kalo ada info mohon infokan ke abadikonsultan@gmail.com matur nuwon

    BalasHapus
  35. Kalo wanita biasa menikah dengan raden mas, dapat gelar apa gk istrinya?

    BalasHapus
  36. Maaf klo kakek saya dulu ada gelar dr kraton solo.Raden suroto hadi negoro.tp bpk saya tdk ada gelar.apa betulkakek saya berarti putra sentono dalem.apa saya msh bisa mengurus gelarnya ms.matur suwun

    BalasHapus
  37. Saya orang aceh, ayah dan ibu jgak asli aceh, tapi buyutnya ibu bernama raden, apakah saya termasuk keturunan bangsawan jawa atau tidak mohon penjelasannya....
    Apakah ada sejarah bangsawan jawa pergi ke aceh dan menikah dengan penduduk setempat, mohon bantuannya saya ingin tau nasab saya dan keluarga.....

    BalasHapus
  38. Mau tanya,Mbah buyut saya dua2 namanya Raden Nganten Atsumodiardjo,sm Raden Ngabehi. Apakah saya masih keturunan keraton solo ? Sedangkan mbah buyut saya punya anak,tpi g di kasih gelar,dan anak nya punya anak. Gimana penjelasannya ?

    BalasHapus
  39. Mau tanya,Mbah buyut saya dua2 namanya Raden Nganten Atsumodiardjo,sm Raden Ngabehi. Apakah saya masih keturunan keraton solo ? Sedangkan mbah buyut saya punya anak,tpi g di kasih gelar,dan anak nya punya anak. Gimana penjelasannya ?

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum...
    Nama saya R. Fiqih Martin Hardini asal lampung...
    Saya pny akte dari keraton yogya...tpi d akte tersebut baru tertulis sampai nama eyang kakung saya..nama ayah dan nama saya blm tercantum...
    Bagaimana cara mengurus ny?
    Mohon info nya...
    Terima kasih

    BalasHapus
  41. Compliments of the day,

    I am Mrs Belen Watson, I'm writing this message to you With due
    respect, trust and humanity, I got your email address after an
    extensive on-line search via network power charitable trust for a
    reliable person. I appeal to you to exercise a little patience and
    read through my letter, I feel quite safe dealing with you in this
    important message, I'm sincerely writing this email to you with pains,

    tears and sorrow from my heart, I will really like to have a good
    understanding with you and i have a special reason why i decided to
    contact you, I decided to contact you due to the urgency of my
    situation. I'm writing you from hospital bed, Therefore this message
    is very urgent. I have a donation to make which I will need your
    assistance to carry it out, I will be 62 years old this coming month,
    I'm a widow and a government worker for many years here in Ivory
    Coast. I have sum of US$5Million (five Million United States dollars)
    with my late husband Hon. John Watson, I want to give it out to,

    I have a serious cancer disease and will be going for my third
    surgical operation, although the doctors had already confirmed that I
    will only last for some months but I am glad that the lord has kept me
    safe and guided me to accomplished my desires. I want you to contact
    my house helper, I have given him the documents of the funds and have
    directed him to a lawyer that will assist you to change the documents
    of the fund to your name to enable my bank transfer the fund to you.

    Stephen Judge.
    Address: Avenue 16, Wade Ave,
    Abidjan 16, Cote d'Ivoire.
    +225 56 25 27 68

    He will give you the documents and direction on how you will contact
    the lawyer that I have appointed to him to assist you, The lawyer will
    do everything on your behalf here in Ivory Coast to assure the success
    of the transaction.

    This are the favour i need from you after you received the fund under
    your control.

    (1) Give 10% of the money to Stephen Judge. as he has been here for me
    throughout my illness and I have promised to support him, therefore
    you will take him as my or your child.

    (2) Give 60% of the money to Charity organizations, orphanage homes
    and Churches e.t.c, on my name so that my desires will be fulfilled.

    (3) The remaining 30% should be for you and others that you may
    personally wish to assist.

    email me back :belenwatson5@gmail.com

    Remain Blessed.
    Mrs Belen Watson

    BalasHapus
  42. Halo Sis/Gan Gimana Yah Caranya Dapat Gelar Bangsawan dari Rakyat Jelata/Rakyat Biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Caranya menjadi abdi dalem/mengabdi ke kraton

      Hapus
  43. Selamat malam .
    Saya denny . Bagaimana cara mengurus serat kekancingan keraton surakarta. Apakah ada email atau no kontak yang bisa saya hubungi utk perihal pengurusan serat kekancingan ini. Terimakasih


    Denny

    BalasHapus
  44. Mas permisi nenek saya, mempunyai gelar rr diwaktu kecil, jika sekarang diurus kembali apakah bisa mas

    BalasHapus
  45. Silahkan kontak saya dinomor WA, barangkali saya bisa membantu menemukan keturunan silsilah moyang Anda, terutama yg berasal dari kesultanan Mataram ( Yogya, Mangkunegaran, Pakualaman). Wassalam. Hardy 085267898979

    BalasHapus
  46. Ayah saya gelar raden mas dan ibu saya bukan asli jawa tapi saya baru urus surat silsilah kraton jogja kira2 jadinya berapa lam y?? Sayakan gelarnya raden roroMau nanya juga kan kalau nanti saya nikah sama orang jawa tapi dia tidak ada gelarny kira2 anaknya nanti dapat gelar ga ya ???

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum perkenalkan nama Saya Muhammad AryaTomi saya memiliki gelar keturunan Raden dan kakek saya waktu masih ada sering cerita soal eyang nya atau Mbah nya keturunan Raja Mataram, apa bila betul saya ada keturunan Raja Keraton Mataram bagaimana cara nya saya untuk mengetahui yang di cerita kan almarhum kakek saya itu betul apa tidak nya, karena yang bilang saya keturunan Raden bukan kakek saya saja tapi pada saat ziarah ke makam sering ada yang bilang anda keturunan Raden dari tanah Jawa khusus nya Mataram, kalau memang betul bagaimana cara nya saya supaya tau dan terbukti keturunan Raden.. Terimakasih, ditunggu jawaban nya, sekali lagi terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya di mana bro... Kog pada dapat gelar... Mbah kakung saya saja dapat tdk pernah crita ke cucunya... Cm di pajang aja silsilah dr susuhan amangkurat jawi... 😢😢 di kau stay di mana bro

      Hapus
    2. @Azis dari Amangkurat Jawi alur siapa , kalau saya alur putro Eyang KPH Aryo Mangkoenagoro Kartasuro, romo RM Said KGPAA Mangkoenagoro I

      Hapus
  49. Assalamuallaikum wr.wb..,almarhum bpk saya dari trah keraton Sumenep dgn gelar Raden, sedang almarhumah ibu saya mempunyai gelar Raden Roro dari trah keraton Mojopahit,
    Ibu pernah cerita bahwa beliau masih ada keterikatan saudara jauh dari bapak, dan setelah saya telusuri melalui google, ternyata memang semua berawal dari Boto Putih , Kyai Brondong.. Saya mohon info apakah ..
    1. berita atau cerita yg saya baca melalui Google itu valid...?
    2. adakah cara bagi saya untuk menelusuri silsilah keluarga..
    Mohon bantuannya terima kasih
    Wallaikum salam wr.wb

    BalasHapus
  50. M.A genah adalah nenek saya...dari sisilah mana ya dan sekelas M.A itu apa mohon petunjuknya

    BalasHapus
  51. Hallo perkenalkan nama saya Alvian. Cukup menarik bahasan tentang silsilah keraton, tapi saya penasaran untuk gelar yang diberikan oleh leluhur kita ini tidak menjadikan kita menjadi siapa2. Ayah saya bilang gelar keraton tidak untuk dipamerkan, beliau dulu pernah akan diwarisi gelar raden oleh kakek saya namun ada beberapa ritual seperti puasa dll. Singkat cerita gelar itu putus di kakek saya, tidak ada gelar yang diturunkan dan tidak ada "ilmu" apapun yang diturunkan beserta benda2 pusakanya. Menurut saya gelar yg sekarang ini dipakai hanya untuk pamer saja, apakah itu bagus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @vianwidodo > jika ingin berdiskusi

      Hapus
    2. Sebenarnya gelar dipakai bukan untuk pamer atau gaya²an , semua itu tergantung dari individu masing² , dengan kita mengetahui siapa akar kita , kita akan lebih menjaga adat budaya Jawa lebih baik lagi karena itu merupakan peninggalan leluhur

      Hapus
  52. Nama akhir saya ada nama "ningrat"nya, tetapi ayah saya tidak ada nama yang mengandung unsur kerajaan, dan ibu saya merupakan rakyat biasa, apakah saya merupakah keturunan darah biru?

    BalasHapus
  53. Ibu saya tidak bergelar ayah saya pun tidak tapi saya bergelar Raden tapi itu gelar pemberian dari kake uyut saya dari mamah Rd Enong Djoemena kartadiningrat
    Kalo dari ayah saya Rd komok kartadinata saya bingung pantaskah saya menyandang gelar Rd tapi sering bertanya pada kedua orang tua saya kenapa ibu dan ayah saya tidak bergelar tapibsaya punya gelar apakah masih berlaku ??

    BalasHapus
  54. Bisakah saya di wisuda ke kraton tapi saya cuman tau sampai uyut saya Rd enong Jdoemena kartadiningrat biar nama Raden saya tersertipikasi 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diurus saja mas , kalau memang ada silsilah sebelumnya nanti akan diverifikasi oleh pihak keraton

      Hapus
  55. Ayah kami gelar R
    Kami ingin urus gelar buat kami

    Kemana ?
    Adakah alamat administrasi nya?
    Mohon petunjuk
    Terimakaaih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah harus dicari tahu dulu silsilah nya dari mana R nya , kalau Jogya ke Tepas Darah Dalem , Surakarta Hadiningrat ke Tepas juga , kalau Mangkunagaran ke Wedono Satrijo

      Hapus
  56. Kalau saya turunan 6 keraton Solo gelarnya apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini mas atau mbak , sudah nikah atau belum , kalau di Surakarta Graad VI itu Rr kalau belum menikah dan R.Ngt. Kalau sudah menikah dan R kalau laki² ada RP atau R saja tergantung

      Hapus
  57. Sebenarnya gelar itu hanya bisa di wariskan dari garis laki2 sjh tdk dari garis perempuan.
    Ketika seorang perempuan memiliki gelar menikah dgn laki2 tanpa gelar ....maka gelar itu terputus. Gelar dari ibu tdk bisa d wariskan
    Krn ank it nisbah ny ke ayah bkn ibu.
    Ini sesuai dgn kaidah ilmu nasab ( silsilah ).



    BalasHapus
  58. Agak miris juga liat orang2 skrng... seseorang yg sdh jelas2 memiliki silsilah .. darah kerajaan sjh bnyk meninggalkan gelar ny ... demi menyatuh kemasyarakat.... Ni malah yg tdk ad darah raja mau mkai gelar.

    BalasHapus
  59. Para keturunan ningrat darah biru.. tapi sayang orang tua sy jg buang title tsb..

    BalasHapus
  60. Di Surakarta ada 2 kerajaan yaitu Surakarta Hadiningrat dan Mangkunagaran , jadi kalau tidak ada di Surakarta kemungkinan Mangkunagaran, dan di Mangkunagaran bisa diurus silsilah nya ke Wedono Satrijo Puro Mangkunagaran

    BalasHapus
  61. Tiji tibeh ����

    BalasHapus
  62. salam hormat kpd semuanya..mhn info arti gelar dan maknanya bila dipakai atau tdak dipakai dalam kehidupan masa kini..sekedar ngangsu kaweruh aja..terima kasih

    BalasHapus
  63. Apakah orang biasa boleh memakai nama raden ?

    BalasHapus
  64. Nenek saya keturunan pangeran tembayat nenek saý

    BalasHapus
  65. Nenek saya punya eyang namanya pangeran tembayat dan nenek saya masih dipanggil ndoro siti aminah kalau gelar nya raden ayu kakek saya mangkunegara saya dapat gelar raden mas kalau bapak saya raden mas saya apa mas????

    BalasHapus
  66. mau tanya penasaran banget, kalau nenek ada gelar R.NGT trs sampe cucu perempuan harusnya ada gelar atau tidak

    BalasHapus
  67. Saya ingin bertanya, kalau bapak saya meliliki gelar RM raden mas sedangkan saya tidak diturunkan gelar apakah saya bisa mengurus gelar saya ke jogja?

    BalasHapus
  68. Saya ingin bertanya. Nenek saya Ada gelar raden, katanya keturunan Ratu bagelen dan ada silsilahnya. Menikah dengan kakek saya yang rakyat biasa, kemudian ibu saya juga menikah dengan ayah saya yang rakyat biasa tapi ibu saya ada gelar Radennya juga. Ketika saya bertanya apa saya bisa mendapat gelar raden ? Kata ibu saya tidak bisa karena sebenernya gelar raden hanya bisa diturunkan dari ayah.

    Kalau saya melihat komentar dari suhu diatas, katanya bisa tapi ayahnya harus di wisuda dulu atau disetarakan. Masalahnya ayah saya sudah meninggal, kalau saya urus ke kraton jogja kira-kira bisa tidak ya ?

    BalasHapus
  69. Apakah akan jadi masalah nantinya kalau anak qt taruhkn gelar kebangsawanan pdhl bapak dan kakeknya tidak memakai gelar it dnama mereka... Tapi mereka kelas keturunan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya malah tidak yakin gelar nya bisa dipakai mas/mbak. setau saya harus runtut deh kakek dan ayah harus ada gelarnya. tapi kalau ada gelarnya ya bisa aja dipakai

      Hapus
  70. Halo semua mohon dibantu penjelasannya yaa,jadi keluarga ayah saya,eyang saya keturunan pangeran Diponegoro dan beliau ada gelar Raden Roro dan ayah saya juga ada raden di nama depannya,ayah saya sudah meninggal sekarang dan dari lahir saya ga mewariskan gelar apapun apakah saya bisa ambil gelar atau memang tidak ada?terimakasih sebelumnya karna saya juga kurang paham

    BalasHapus
  71. Maaf mau tanya, kalo tidak punya keturunan dari orang orang tersebut apakah boleh kalo punya anak di namakan Roro?

    BalasHapus
  72. Kalo saya pernah di beri tahun olah nama saya kalo saya keturunan raden dongos sentono itu kala buyut saya kata nene sayah nene sayah kalo itu adalah keturunan kala kamu jadi kala saya punya orang tua yaitu dongos sentono emang dulu keluarga saya kaya dan di hormati tapi karna ke ekonomi sekarang sudah berbeda sama jalan dulu jadi sekarang susah waktu kake saya masih muda dia tinggal di solo kehidupan ya kaya terus kala saya matan tau mencari kehidupan di jakarta dulu jakarta juga punya tanah bannyak tapi udah ke bikin jalanan ancol ya gitu lah tapi kake dah menninggal tapi ya yg masih idup cuman nene saya akan yaitu saya baru di ceritain asal usul kala buyut saya emang bener waktu ketemu orang jawa saya selalu di hormati banyak yg kenal padahal saya belom pernah ke jawa

    BalasHapus
  73. Maaf kalo nulisnya agalalen agak susah dibaca karna hp saya pecah

    BalasHapus

Posting Komentar

Kirimkan komentar yang bermanfaat dan membangun. Jangan berkomentar yang bersifar rasis, provokasi dan tidak bertanggung jawab. Silahkan jika ingin mengopy. Selamat berkomentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kerajaan Keturunan Kartasura

Sejarah Singkat Gerakan 30 September 1965 / PKI